Edukasi, Hobie, Hiburan, Teknologi, Traveling, Berita

Selasa, 07 Februari 2023

Basic Breeder dan Top Pigeon harus ada dikandang Fancier


Sejak menekuni hobi mpos, setiap malam selalu membaca cerita tentang mpos, lebih rajin dari pada waktu Kuliah hahaha..........malah saya dikirimkan majalah2 lama oleh temen dari Taiwan sebanyak 2 dus, majalah dikirim bersama Mesin yg kami import dari sana pada tahun 2003. 

Banyak ilmu yg didapat dari majalah, sehingga memudahkan saya dalam hobi mpos ini, tidak banyak liku2 seperti banyak Fancier yg sampai bbrp tahun tidak berhasil memperoleh Juara. Malah sampai frustasi atau ada yg bilang sampai mengafkir banyak sekali mpos nya. Ini sudah membuang biaya dan waktu yang tak ternilai harganya. 

Salah satu yg mau diceritakan hari ini adalah mengenai Top Breeder dimasing masing Fancier. Atau MascotNya Kandang. 

Menurut senior orang Taiwan setiap kandang yang HEBAT atau TOP. Mereka pasti punya Mpos yg menjadi Basic Breeder Utamanya. Contoh di ModernLoft adalah King Supercrack 3899. Dikandang fancier lain pasti punya andalan sendiri. Mereka pasti akan memberikan nama yg Keren dan gampang diingat. Dari Basic breeder Top ini masing2 Fancier akan membangun Kerajaan Mpos mereka. 

Apa bila Fancier belum punya Basic Breeder atau dengan kata lain belum punya Top Pigeon yg menjadi Basic Kandangnya maka Fancier ini pasti belum termasuk Top Fancier, karena mereka masih meraba raba terus mpos mana yang bisa meyakinkan bagi mereka. 

Mereka dianggap belum punya Strain mpos sendiri, kadang2 mereka masih bisa juara tetapi hasil mereka tidak stabil, bisa tahun ini dapat juara dari Mpos A, tapi tahun berikut dari Mpos B, atau malah tak dapat juara lagi dari A dan B. 

Masuk akal juga analisa orang Taiwan. Coba kita lihat Fancier Top di Eropa. Kandang mereka pasti punya BREEDER UTAMA yang menjadi Icon mereka. Contoh Mpos Topnya Gerard Koopman : Kleine Dirk. Gaby Vandenabeele punya : De Bliksem. Terakhir Mpos Top yg keturunananya banyak dicari orang adalah HARRY punya Jan Hooymans. Keturunan Kleine Dirk dan De Bliksem sampai sekarang masih diburu para Fancier yang memang ingin memperkuat kandang mereka.

Mereka juga kasih nasehat buat Fancier baru jangan cepet menjual Top Racer mereka, apa bila memang sudah memperoleh 1 Top Racer yang sempet juara 1 beberapa kali dalam Lomba. Karena kemungkinan dari Sang Juara inilah Kita bisa membangun KERAJAAN Mpos. Entah kenapa disini banyak Fancier suka menjual Top Racer mereka, pada hal mereka masih pemain baru dan perlu membangun Champion Family dari Sang Juara. Beda kalo memang bagi Fancier yg sudah sering Juara karena memang Sudah berhasil menciptakan strain sendiri atau Champion Family, tak pengaruh apa bila menjual bbrp Sang Juara. Toh Darah Intinya masih ada dikandang. 

Pertanyaan apakah kita sudah termasuk pemain Top yg sudah punya Strain sendiri? Kapan bisa memiliki Strain sendiri? Sebagai pehobi sejati harusnya mulai sekarang menetapkan program sendiri. Program memiliki Mpos Top, perencanaan breeding, management kadang yang rapih termasuk perawatan mpos, pakan yang baik, latihan yang teratur sampai kandang yang Sehat untuk Mpos kita. Jika sudah ada perencanaan yang baik tentu hasil lomba akan baik pula. Bisa lihat ada beberapa Fancier baru bisa langsung menyabet Juara. Mereka pasti lebih serius dr pada fancier yang lain. Contohnya banyak sekali. Ada fancier yg lebih lama kalah dengan yg baru main 1 atau 2 tahun, ini tentu gak lucu, berarti yg lebih lama mainnya management kandangnya pasti kalah dgn yg baru. Selain itu adalah kurang Fokus seperti yang sering saya katakan, main mpos harus focus, konsentrasi pd 3 strain sudah cukup. Terlalu banyak strain bikin pusing bagi PEMULA.  Jangan muda tergiur juga dengan penawaran yang kelihatannya sangat Wahh gitu. Biasanya dengan janji manis2 justru harus diwaspadain. Mana ada yg janji mpos nya pasti Juara? Master Eropa saja tak berani janji. Pasti bohong jika sudah yg berani janji manis. 

Oke lah sudah cukup panjang, tulisan diatas buat diskusi kawan2 yang ingin belajar lebih dalam tentang mpos. Bisa juga WA saya di 0812 8564 588 untuk obrol ringan tentang mpos. 


Salam Sejahtera. Henry Gunawan 22/6/19


Share:

0 comments:

Posting Komentar

KATALOG

Blogger templates