Edukasi, Hobie, Hiburan, Teknologi, Traveling, Berita

Rabu, 08 Februari 2023

Kapan Penyelenggara Lomba Melepas Merpati Lomba

Convoying Guide.

Dari mulai atlit lomba inkorp lalu di angkut berkendara sampai titik lepasan dan sampai dilepas ada beberapa ketentuan yang bisa di jalankan penyelenggara lomba yang saya rangkum dan saya simpulkan yang terbaik bersumber dari guide dan rule beberapa organisasi berpengalaman. Perhatikan beberapa hal berikut :

1. Dalam perjalanan kendaraan pengangkut istirahat selama sejam setiap empat jam perjalanan.

2. Intirahat di tempat teduhdan jaga kondisi suhu sekitar tidak lebih dari 28 derajat celsius.

3. berikan makan dan minum

4. paling utama melatih minum para atlit dengan cara menyemprotkan air ke tempat minum, agar merpati melihat tetesan atau percikan air dan segera mengarah ke lokasi minum.

5. pastikan kondisi lokasi istirahat aman dari tangan jahil atau binatang pengganggu.

6. Atlit lomba mencapai titik pelepasan atau perlombaan  setidaknya 4 jam sebelum pelepasan.

7. Setelah dalam posisi untuk pelepasan, pengangkut atlit tidak boleh dipindahkan lagi setidaknya 4 jam sebelum pelepasan, hal ini akan menghindari gangguan orientasi burung lomba. ( jangan mentang mentang lokasi lepas dekat dengan penginapan mengabaikan hal ini)

8. pada hari pelepasan 6 jam sebelum pelepasan pakan harus sudah di angkat, hanya disediakan minum saja ( Kalau yang lomba hari ini inkorp dan besok sudah lepas tidak perlu dikasih makan)

9. Pantau melalui pandangan mata dan aplikasi cuaca atau BMKG apakah situasi dari titik lepas sampai kota daerah kembali aman dari cuaca buruk seperti hujan, badai, gempa tunda penerbangan hingga situasi lebih baik, ini protocol standart internasional untuk hasil terbaik.

(Jangan asal bacot "Lepas apapun kondisinya yang terbaik akan kembali" eh Banke lo lomba maen balap-balapan apa lomba survive hoki hokian)

10. Jika terdapat beberapa kelas pelepasan yang berbeda waktu lepas usahakan merpati yang tidak di lepas lebih dahulu tidak melihat merpati yang lepas duluan agar tidak stress dan kasih minimal jeda waktu 30 menit untuk meredakan stress untuk lepasan berikutnya.


TUJUAN DASAR Kebijakan aturan conveyor ini adalah: 

1. Untuk MEMINIMALKAN STRES   pada burung lomba dari ketika inkorp sampai ketitik lepas, junjung dan hargai pemilik burung yang sudah merawat maksimal, jangan dibuat berantakan karena prosedur conveyor yang ngawur.

2. Untuk memastikan mereka mendapatkan  istirahat yang cukup sebelum pembebasan,

3. Untuk memastikan mereka TIDAK DIBEBASKAN DALAM KONDISI CUACA YANG TIDAK MENYENANGKAN .

Referensi:

AU Race Rules

Australian National Racing Pigeon Board

Queensland Racing Pigeon Federation Australia

New North Road Federation United Kingdom

Safe Transportation and Release of Racing Pigeons : By Dr Rob Marshall/ S.A.H.P.A.

How to take care of the race birds is of greatest importance : Steven Van Bremeen.


Salam POMSI

AruLman


Share:

0 comments:

Posting Komentar

KATALOG

Blogger templates