Edukasi, Hobie, Hiburan, Teknologi, Traveling, Berita

Senin, 22 Mei 2023

MERPATI IMPORT

 


 

Saya pribadi mengungkapkan terima kasih banyak pada mereka yang telah berjasa sebagai pelaku importir segala line dari masa ke masa. Melihat harga dan prosesnya maka jasanya sangat membantu sekali pada penghobi lainnya yang ada diseluruh nusantara sehingga bisa ikut menikmatinya.

Dan sangat beruntung sekali yang punya merpati import di kandangnya..

Karakter merpati tiap negara berbeda-beda menyesuaikan iklim dan geografisnya. Perbedaan paling umum yang mudah di kenali adalah melalui bentuk di hidung, badan, tebal bulu dan tulangannya yang cenderung lebih besar di bandingkan dengan merpati pos lokal. Untuk jenis Merpati pos yang paruh hidungnya cenderung besar biasanya tinggal di cuaca yang relatif dingin.  Namun ada juga yang relatif sedang ada juga yang lebih kecil.  Hal ini di bisa disebabkan adanya perbedaan di tiap negara punya iklim yang berbeda-beda. Intinya paruh hidung merupakan alat yang berfungsi untuk mengatur kelembapan udara menyesuaikan ( adaptasi/evolusi ) dimana mereka tinggal.  Karena tempat seperti di Asia ini bukanlah habitat murni dari hewan merpati pos.  Jadi terkadang terjadi penurunan secara genetik mulai paruh  hidung, klep , eyesign, badan dan bulu  yang dulunya lebat menjadi berkurang secara fisik.  Maka tak heran saat breeding sulit sekali untuk bisa sama persis seperti induknya.



Apakah pakan sangat  memengaruhi perkembangan breeding merpati import ?

Ya tentu saja nilai  gizi pakan perawatan akan memengaruhi nilai perkembangan merpati tersebut, apalagi merpati import di crossing dengan merpati pos lokal. Mungkin import x import akan lebih stabil dan mendekati persis seperti induknya.

Apakah kualitas grade merpati import itu mudah menurun saat kita breeding ?

Tidak ada kata kualitas menurun tapi bentuk dan karakter yang membedakan menyesuaikan kemampuan bagaimana seorang breeder mengelola merpati tersebut. Mulai kecocokan line breeding dan seterusnya semua tetep di uji di event lomba.

 

Mungkin untuk yang suka mendaki gunung akan melihat bagaimana situasi Medan bumi di sekitar kita yang tak rata di penuhi bukit dan gunung tak seindah google maps seperti terlihat rata.

 

Kembali ke inti tentang peran merpati import di kandang adalah untuk menstabilkan genetik dan  mengatur keseimbangan Ras merpati pos ternak kita.

Dengan crossing/upgrade akan memengaruhi mutu kualitas ternak merpati di kandang.

Merpati pos yang sudah berevolusi lokal sering terjadi karena para peternak sangat minim dengan  pengetahuan cara budidaya merpati pos dalam segi breeding maupun perawatan sehingga rata-rata menurun secara kualitas seperti ciri hidung merpati menjadi lebih kecil seperti merpati kolong bentuk bodi lar juga eyesign.

 

Sekedar gambaran saja, tidak ada yang sempurna tetap selalu belajar bersama.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

KATALOG

Blogger templates