Edukasi, Hobie, Hiburan, Teknologi, Traveling, Berita

Senin, 22 Mei 2023

Mabung / Moulting Merpati Pos

 


 

Apa itu Mabung / Moulting ?

Mabung merpati didefinisikan sebagai periode setiap tahun di mana bulu burung Anda diperbarui, Yang terjadi secara alami di mana merpati yang sehat dan itu merupakan tahap penting dalam siklus hidup mereka. Mabung ini tentu saja sangat wajar, tetapi faktanya adalah bahwa pergantian bulu mabung adalah proses hormon yang tidak membuat burung benar-benar sakit tetapi sangat melemahkan tubuh. Membutuhkan energi yang luar biasa, merampas nutrisi yang berharga, akibatnya membuat mereka lebih lemah.

 

"Healthy birds will moult naturally."Ad S schaerlaeckens

 

Kapan waktu mabung ?

Pada bagian negara negara dimana ada perubahan musim dimana terjadinya jam siang lebih pendek dari jam malam antara bulan bulan tertentu berbeda, maka moulting merpati adalah konsekuensi alami dari perubahan musim. Siang hari menjadi lebih pendek, malam menjadi lebih panjang disitulah umumnya terjadi musim mabung.

 

Di Eropa Belgia dan Belada musim mabung alami terjadi di bulan Agustus dan berakhir pada pertengahan November.

 

Di Inggris, seperti kebanyakan negara Eropa, mabung berlangsung dari pertengahan Juli hingga akhir September.

 

Di Afrika Selatan mabung alami terjadi menjelang akhir Januari hingga awal April.

 

Pada bulan Februari di Australia dengan mulainya pemendekan panjang hari.

 

Lalu bagaimana Indonesia sebagai negara tropis dimana perbedaan siang dan malam hampir sama kurang lebih 12 jam masing masing. Yang tidak ada musim gugur atau musim dingin. Umumnya terjadi berdasarkan umur, kira-kira 3 minggu setelah disapih, anakan akan mulai mabung.

 

Pemain merpati lokalan merpati tinggia maupun merpati balap istilah mabung sepertinya hanya berlaku untuk selain bulu primer dan bulu ekor tidak masuk hitungan karena mereka sudah mecabut pada pase mabung versi lokalan.

Ada yang bilang “Terjadi pada bulu lar 6/5 sampai dengan lar 3/2(mabung selesai)”

Ada yang bilang “Pada piyik terjadi mulai lar 8-4, burung dewasa lar 6-4”

 

Secara Teori Seekor merpati membutuhkan sekitar 160 hingga 170 hari untuk benar-benar total mabung. Cepat lambatnya proses mabung dihitung dari jatuhnya bulu bulu pertama hingga yang terakhir tergantung dari genetika, lingkungan, juga kesehatan. Urutan normal mabung adalah pertama bulu leher, pantat atau punggung, kesepuluh primer pada setiap sayap bersama dengan dua belas sekunder, badan, lalu terakhir ekor.

 

Faktanya adalah moulting bukanlah proses yang sama untuk semua merpati. Beberapa mabung dengan cepat, sementara yang lain bisa memakan waktu berbulan-bulan. Beberapa merpati kehilangan lebih banyak kemampuan terbangnya, yang lain lebih sedikit efekya. Ini wajar, tentu saja, tetapi juga menciptakan kondisi yang sangat tidak adil untuk lomba merpati. Jika kita membiarkan alam mengambil jalannya sendiri, pemenangnya mungkin adalah merpati yang paling beruntung dengan waktu mabungnya.

 

Jika Anda tidak LOMBA, Anda tidak perlu terlalu banyak intervensi, mabung merpati berproses sendiri secara alami/natural. Alasan perlunya campur tangan dalam moulting adalah karena jadwal lomba untuk menghidari masa mabung ketika lomba.

 

Jika Merpati lomba maka yang pertama adalah melihat jadwal kapan merpati lomba, jika sudah di lihat jadwal lomba ambil tindakan mana yang anda pilih :

 

A. Mempercepat Mabung

B. Memperlambat Mabung

 

Berikut pejelasan singkatnya.

 

A. Mempercepat Mabung

 

1. The Darking System adalah proses memanipulasi cahaya dengan waktu gelapnya lebih lama dari waktu terangnya dapat memengaruhi hormon yang mempegaruhi moulting dan pola molting berubah sepenuhnya. Selama proses penggelapan bulu akan meranggas bulu-bulu kecil di tubuh, kepala, leher dll tetapi bulu primer  penerbangan utama mereka tetap utuh. Segera setelah burung muda disapih, gelapkan loteng hanya memberikan sekitar 8 jam siang hari. Misalnya biarkan kandang tertutup gelap hindari cahaya, dibuka utuk waktu terangnya dari jam 10 hingga jam 18. Lakukan hingga proses mabung bulu tubuh selesai.

2. The Light System adalah kebalikan dari darking system dimana waktu terang atau waktu siangnya di perlama setidaknya selama 16-20 jam per 24 jam. Ini lebih berfokus pada mempercepat mabung penerbangan primer dan sekunder mereka, dan memperlambat mabung pada bulu tubu.

3. Culling Flight adalah methode cabut bulu paksa biasanya dilakukan untuk bulu penerbangan primer 3 bulu terakhir dan semua bulu ekor. Minimal burung adalah umur dua bulan potong terlebih dahulu bulu 1-2cm setalah 2 minggu baru boleh di cabut. Pertumbuhan bulu yag dicabut sempurna dalam 45 hari. Tidak di pungkuri berlaku utuk bulu lainnya.

4. Breeding, saat sepasang burung mengerami putaran kedua biasanya akan memicu proses moulting.

 

B. Memperlambat Mabung

1. Stres, semakin banyak stres yang dialami burung, seperti latihan berat, seringnya latihan dapat memperlambat mabung. Dan ketika anda meliburkan diri maka burung akan merasa seperti istirahat lalu mabung. Kita saksikan banyak yag teriak mabung ketika jeda antar lomba. "An advantage of frequent training is also that it seems to delay the moult. Fanciers found that birds that were given a few weeks off in the racing season will moult quicker than those who are raced frequently."  Ad Schaerlaeckens

2. Memotong sedikit bulu ujung 2-5mm bisa menahan bulu copot. "You can delay the molting of a flight by removing 1/16 of an inch off the tip of the flight that you do not want to be molted." Misal bulu primer ke lima baru tumbuh setengah dan kita berharap bulu primer selajutnya tidak cepat copot dalam waktu dekat ada dapa memotong sedikit ujung bulunya.

3. Obat, Di eropa, Amerika, Australia, Aprika Utara sejak dulu sampai tahun 90an mereka menggunakan obat obatan untuk menahan mabung, sebelum memasuki abad 20 organisasi organisasi merpati pos melarang obat obatan tertentu. Dengan adanya doping control mereka tidak bisa menahan mabung sampai beralih ditemukan system dark dan light system. Dipastikan anda jika tidak melakukan system itu akan kalah.

 

Hal-hal yang perlu di perhatikan ketika masa mabug

- Tetap jaga nutrisi pakan

- Mandi, Agar merpati Anda tetap sehat, mereka perlu mandi mingguan. Jika seekor merpati tidak suka mandi, ia tidak akan mandi. Tetapi jika seekor merpati merasa sehat setelah mandi, Anda akan menyadari bahwa ia bahkan akan mandi dua kali sehari. Ingatlah bahwa mandi memperkuat organ merpati dan menghilangkan kotoran dari kaki dan bulunya. Sediakan tempat mandi biarkan mandi sendiri bukan di mandikan. Kebalikan dengan pemain merpati lokakan baik MT atau MB entah mengapa mereka melarang mandi merpati yang mabung.

- Beri Sedochol, Sedochol adalah barang super untuk burung yang sedang moulting. Pada moulting saya memberikannya 3 kali seminggu (atau lebih) di makanan. Namun harus dikatakan bahwa saat ini setidaknya 75 persen juara di Belgia juga melakukannya di musim balap (diluar mabung). “Sedochol is super stuff for birds that are moulting. In my opinion the best there is. So in the moulting season I give it 3 times a week (or more) over the food. But it must be said though that nowadays at least 75 percent of the champions in Belgium also administer it in the racing season." Ad Schaerlaeckens. Sedochol berkomposisi Methionine, Choline dan Sorbitol. Jika anda memerlukannya bisa kontak saya.

- Hindari pemberian obat cacing pada masa mabung ini dapat mengganggu pertumbuhan bulu.

- OverCrowded, hidari kandang penuh sesak ketika mabung maupun tidak mabung tentunya. Relaksasi dan ruang loteng yang cukup untuk setiap merpati sangat penting untuk mendorong mabung yang baik.

- Hidari melatih ketika bulu ngujung (primer ke 10) dalam pertumbukan kurang dari ¾. "Do not attempt any training flight or race where the 10th primary is growing and less than ¾ fully grown. Do not send birds to training or races when they are moulting over their ears. Hold back until they progress beyond this stage." Juga berlaku untuk mabung sekitar telinga, muka, kepala. Sebaiknya ketika mabung adalah istirahat.

 

Satu kata terakhir: Kalender adalah sahabat terbaik orang lomba. Jangan mencoba memikirkan hal ini tanpa merencanakan dan menggunakan kalender.

 

Itulah ulasan rigkas namun padat tentang mabung

Salam Akal Sehat

AruLman

 

Resource:

DVD movie The Drak & The Light

Every pigeon moults in a different way – Bathing by Verheecke Marc - Degrave Martin

My Management System by Tyberry Lofts – Racing Pigeons Australia

Should racing pigeons take their medicine? By Thomas Smit South African racing pigeons

The Moult by pigeon.co.za South African racing pigeons

Helping the Moult by Jos de Zeeuw

Questions to A. S schaerlaeckens, through Pipa BE

Thoughts on moult (Part two of two) schaerlaeckens,com

slowing-for-the-molt by mclaughlinlofts,com

derby.avirings,com darkening-of-the-Loft

the Power Moult by Bob Rowland SpringHill, FLorida USA

dll.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

KATALOG

Blogger templates